otomotif

3 Tips Berkendara Di Bulan Ramadhan

Patut untuk tahu jika memang berkendara ketika puasa Ramadan menjadi sebuah tantangan tersendiri. Di samping kamu harus tetap bisa  menahan lapar dan dahaga, kesabaran yang tinggi menjadi salah satu hal yang penting untuk kamu jaga. Yah wajar saja memang, di perjalanan nanti akan banyak sekali godaan yang datang menghadang.

Selain dengan kondisi fisik, cuaca yang sangat panas, dan lalu lintas yang begitu padat, emosi ketika menghadapi pengendara lain yang tidak tertib juga memang harus bisa kamu redam. Di bawah ini penulis memberikan beberapa tips berkendara selama bulan Ramadan yang aman.

  1. Kamu harus mengenali rute perjalanan

Tentunya agar perjalanan kamu menjadi makin efisien, maka kamu bisa menggunakan aplikasi Peta Digital (GPS) untuk dapat melihat situasi perjalanan dan juga memilih jalur alternatif yang sesuai dan aman. Pada daerah yang belum pernah didatangi, ada baiknya memang para pengendara bisa mempelajari situasi jalanan supaya kamu tidak membuang-buang waktu kamu karena tersesat di tengah jalan dan terlalu lama dalam berkendara.

  1. Kamu bisa mempersiapkan perjalanan atau biasa disebut juga dengan Smart Riding

Perlu diketahui memang persiapan sebelum kamu berkendara di bulan puasa dapat dilakukan sejak sahur dengan cara kamu memilih asupan yang memiliki nutrisi tinggi seperti halnya kamu dapat makan sayur mayur dan buah-buahan. Selain itu juga, para bikers disarankan untuk memperbanyak minum air putih ketika sahur agar bisa mencegah dehidrasi tubuh ketika kamu berkendara di terik panasnya matahari yang menyengat.

Tentunya hal yang paling juga mendasar dalam menjaga keselamatan ketika berkendara, para bikers bisa menggunakan jaket, helm dan juga sarung tangan, serta dengan kamu membawa kelengkapan surat-surat berkendara.

  1. Kamu bisa beristirahat dengan sangat cukup

Ketika kamu berkendara di bulan puasa, maka kamu juga harus tetap waspada dengan rasa kantuk. Pada perjalanan dengan jarak pendek, kamu bisa menyempatkan untuk dapat beristirahat selama 10 menit. Kamu bisa melakukan istirahat setelah 1 hingga 2 jam dalam berkendara, tapi jika kamu kantuk dan konsentrasi kamu sudah menurun maka sebaiknya kamu bisa beristirahat.

Demikian adalah tips-tips berkendara di kala mudik berkendara selama bulan ramadhan tiba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *