Lifestyle,  olahraga,  Sehat

Mau Olahraga? Yuks Tengok Tips Olahraga Selama Bulan Puasa Berikut ini yaa

Selama bulan puasa Ramadan kita memang disarankan untuk ada baiknya tidak melakukan olahraga-olahraga yang berat apalagi dilakukan di siang hari. Namun hal tersebut tidak mengartikan jika kamu harus melewatkan beberapa olahraga sama sekali ketika menjalankan ibadah puasa di bulan suci. Hanya saja yang patut untuk menjadi pertimbangan adalah jenis olahraga, waktu serta intensitasnya yang memang perlu diatur sedemikian rupa. Nah supaya kamu tetap dalam keadaan sehat selama kamu menjalankan ibadah puasa, kamu dapat menerapkan tips-tips olahraga berikut ini.

  1. Kelola atau maintain fitness level kamu

Jika memang kamu tidak mempunyai sebuah atau beberapa target yang lebih spesifik dalam berolahraga pada bulan puasa alias olahraga kamu hanya untuk menjaga kesehatan ataupun hanya menurunkan berat badan, maka kamu bisa menjadikan olahraga di bulan puasa untuk dapat memperbaiki level kebugaran yang ada pada tubuh kamu.

Kamu dapat mempergunakan ketika berpuasa untuk dapat memantapkan rutinitas olahraga kamu dan menjaga agar nantinya masa otot, di samping itu juga dapat memperbaiki kebiasaan hidup sehat kamu.

  1. Kamu harus berkonsultasi dengan pelatih

Kamu bisa menentukan terlebih dahulu tujuan awal kamu melakukan olahraga. Jika kamu mempunyai target yang lebih spesifik lagi seperti kompetisi atau kejuaraan  yang benar-benar harus kamu ikuti dalam waktu dekat, ada baiknya kamu konsultasi dengan pelatih olahraga kamu. Sehingga nantinya kamu bisa mengontrol struktur dari latihan dan kebutuhan nutrisi kamu sehari-harinya.

  1. melakukan olahraga ringan seperti olahraga berkardio atau angkat beban

kamu dapat melakukan hampir segala macam dan jenis kardio yang kamu sukai namun dengan intensitas yang bisa dibilang begitu rendah. Adapun memang cara mengukur intensitas dapat kamu lakukan dengan cara kamu mengukur denyut jantung kemudian dikurangi usia. Kamu juga dapat melakukan cardio ringan dengan adanya patokan kurang lebih mencapai 60% dari kecepatan maksimum pada denyut jantung.

  1. Jalan kaki

Bagi kamu yang memang belum biasa dengan berolahraga dan ingin melakukannya di bulan Ramadan ini, kamu bisa mencoba untuk olahraga ringan seperti halnya sebatas jalan kaki. Tentunya stres secara fisik yang didapatkan ketika kamu memulai rutinitas baru seperti halnya kamu melakukan olahraga yang cukup berat, maka dari itu ketika kamu melakukan olahraga sebaiknya olahraga yang ringan. Sehingga nantinya tidak akan mengganggu jalannya ibadah puasa kamu.

Demikian adalah tips-tips olahraga yang bisa kamu praktikkan selama bulan puasa, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *