Menghemat air
Lifestyle

Ingin Bisa Hemat Air di Rumah, Ini Dia Cara-Caranya!

Penggunaan air yang terus-menerus tentunya sangat tidak mencerminkan kepedulian terhadap lingkungan. Apalagi sekarang ini pemanasan global sedang terjadi dan beberapa tempat di Bumi terancam kekurangan air sebentar lagi. Salah satu cara kita untuk bisa dikatakan peduli adalah dengan hemat air di rumah. Namun bagaimanakah caranya? Yuk, simak uraiannya berikut ini!

Mengapa Air Perlu Dihemat?

Anda tentu membutuhkan air untuk berbagai kegiatan. Mulai dari mandi, memasak, mencuci, hingga bahkan menyirami tanaman. Begitu pentingnya air bagi kehidupan sampai kita tidak sadar kini pasokan air dunia semakin berkurang. Apalagi dengan banyaknya pohon-pohon yang gundul dan hutan yang dibakar. Jika kita tidak berhati-hati, maka kita semua bisa hidup dengan kekurangan air.

Tidak hanya tentang lingkungan, boros air pun juga akan berdampak pada ekonomi keluarga Anda. Tagihan bulanan tentang listrik dan juga air Anda akan membengkak. Belum lagi jika Anda menggunakan jasa pemasok air tiap harinya. Bisa jadi uang belanja bulanan Anda bisa ikut tergerus untuk membayar tagihan satu ini.

Nah, salah satu cara untuk menjaga keberlangsungan lingkungan dan juga kelangsungan hidup kita semua yakni dengan hemat air di rumah. Kegiatan ini memang cukup sederhana, namun Anda tidak bisa mengabaikannya. Percayalah, tindakan kecil Anda dalam menghemat air ini akan berdampak positif secara nyata. Lalu, apa saja tips untuk menghematnya?

Tips Hemat Air di Rumah

Setelah membahas berbagai alasan mengapa air sangat harus dijaga dan apa saja kelebihan yang akan kita dapat jika menghemat air di rumah, maka sekarang ini ada baiknya kita membahas tentang tips menghematnya.

Tips-tipsnya antara lain yang pertama adalah dengan mengisi bak mandi saat melakukan kegiatan mandi. Namun alih-alih membiarkannya tumpah dari bak, Anda harus mematikan keran air tepat sebelum air sampai di tepian bibir wadah. Kala meninggalkan kamar mandi, periksa kembali apa keran masih menyala. Jika iya, maka segera matikan.

Kedua, Anda bisa mandi di bawah air shower. Tahukah Anda jika Anda mandi di shower, Anda bisa menghemat air sampai 65% daripada kala Anda mandi dengan gayung atau berendam?

Ketiga, Anda wajib membiasakan diri untuk menutup kran wastafel saat menggosok gigi, bercukur, atau cuci muka. Tidak hanya itu, Anda juga harus menggunakan mesin cuci dengan siklus tersingkat dan yang memiliki fitur ramah lingkungan. Selain menghemat sabun dan meningkatkan hasil kebersihan cucian, mesin cuci dengan fitur ini juga akan mampu menghemat air Anda lebih banyak dari mesin cuci biasa.

Selanjutnya, Anda juga bisa menampung air di ember, wastafel, atau bak-bak besar untuk digunakan nanti. Jadi Anda tidak perlu membuka dan menutup keran. Anda hanya perlu menggunakan air tampungan untuk mandi, mencuci, hingga memasak. Selain itu, Anda juga bisa memasang penghemat air dari sambungan kran wastafel. Cara ini diklaim bisa membantu Anda hemat air hingga 50%. Menarik, bukan?

Terakhir, Anda harus menghindari memakai selang saat menyiram tanaman. Selain itu, sirami tanaman Anda di kala pagi atau sore hari agar terhindar dari borosnya pemakaian air karena penguapan oleh terik matahari. Jika bisa, sirami tanaman dengan air yang sudah tidak terpakai namun jauh dari segala zat kimia, misalnya air rendaman kemarin sore, air bekas cuci tangan, dan sebagainya.

Demikian uraian tentang tips hemat air di rumah. Semoga uraiannya memberi dampak baik untuk penggunaan air bulanan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *