Rambut Kering
Lifestyle,  Sehat

Jengkel dengan Rambut yang Susah Diatur, Kenali 3 Penyebab Kondisi Rambut Kering Berikut!

Rambut Anda terasa lebih kering, kusam dan susah diatur? Tentu kondisi rambut yang kurang bagus membuat hari Anda terasa menyebalkan. Apalagi rambut merupakan mahkota wanita yang harus dijaga agar bisa memberikan efek penampilan yang sempurna. Penting sekali memilih shampo untuk rambut kering yang efektif mengembalikan minyak alami rambut. Rambut yang sehat dan berkilau bisa meningkatkan rasa percaya diri Anda.

 Penyebab Kondisi Rambut Kering

Sebelum melakukan perawatan rambut kering, sebaiknya Anda mengetahui penyebab kondisi rambut kering dan bercabang berikut ini.

1. Faktor lingkungan

Lingkungan menjadi faktor pemicu rambut rusak yang lebih rentan dialami semua orang. Anda jelas tidak bisa menghindari faktor penyebab rambut kering paling utama ini. Orang yang tinggal di daerah panas atau kering  berpotensi memiliki rambut rusak lebih besar. Selain itu, kebiasaan berenang di kolam renang yang memiliki air dengan kandungan klorin juga sangat mempengaruhi kondisi rambut Anda.

Sebaiknya Anda mulai membiasakan diri menggunakan topi atau penutup kepala lain kalau sering berada di luar rumah. Bekerja di lapangan yang selalu terpapar dengan sinar matahari berlebihan akan menyebabkan masalah serius pada rambut dan kulit Anda.

2. Perawatan rambut yang kurang benar

Penyebab rambut kering dan susah diatur karena Anda kurang memperhatikan faktor perawatan rambut yang baik. Anda harus tahu cara merawat rambut kering dengan benar untuk menghindari kondisi rambut lebih rusak. Caranya gunakan shampo untuk rambut kering dan kondisioner yang rutin. Penggunaan vitamin rambut bisa menjaga rambut Anda tetap sehat dan memiliki minyak alami yang tidak berlebihan.

Hindari teknik merawat rambut yang bisa sebabkan kondisi rambut semakin kering, misalnya keramas terlalu sering. Rambut kering memiliki minyak alami yang kurang sehingga keramas terlalu sering bisa menghilangkan minyak alami tersebut.

Sebaiknya Anda mencuci rambut setidaknya 1-2 kali saja dalam seminggu. Selain itu, kurangi atau batasi penggunaan perawatan rambut menggunakan produk kimia, styling menggunakan catok atau hair dryer berlebihan, ya!

3. Faktor penyakit

Penyebab rambut kering bisa juga dikarenakan faktor penyakit baik fisik atau psikologis. Stress bisa menyebabkan rambut Anda mengalami masalah, lho! Ada pula orang yang mengalami kondisi penyakit tertentu memiliki gangguan pada kesehatan rambut. Misalnya penderita gangguan makan anoreksia lebih rentan mengalami kondisi rambut yang kering.

Pada orang yang mengidap hipoparatiroidisme dan hipotiroidisme mengalami penurunan kadar hormone yang bisa menyebabkan penurunan kadar kalsium tubuh. Padahal, kekurangan kalsium bisa menyebabkan kondisi rambut kering dan mudah patah atau rapuh.

Ada pula kondisi orang yang memiliki sindrom Menkes langka yang menyebabkan tubuh tidak bisa menyerap mineral tembaga dengan baik. Kekurangan mineral tembaga berdampak pada rambut tidak sehat sehingga lebih kering, kusam dan gampang patah. Konsultasikan dengan dokter terkait jika Anda mengalami kondisi penyakit yang menyebabkan masalah pada kesehatan rambut.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menangani kondisi rambut yang terlalu kering atau mudah rapuh. Anda bisa menggunakan produk yang bisa menghasilkan minyak alami rambut secara natural antara lain minyak zaitun, minyak jagung dan minyak kelapa. Rutin mengaplikasikan masker buah alpukat bisa mengatasi permasalahan rambut kering yang membuat mood Anda kurang baik setiap hari.

Setelah melakukan perawatan menggunakan bahan alami, jangan lupa untuk mencuci atau membilas rambut sampai benar-benar bersih. Anda bisa menggunakan produk shampo untuk rambut kering yang telah terbukti berkhasiat. Pemakaian produk kondisioner bisa membantu memaksimalkan kerja shampo rambut kering favorit Anda. Yuk, jaga kesehatan rambut kering dengan memilih produk shampo yang berkualitas!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *