Olahraga Masa Kehamilan
Lifestyle,  Sehat

Pentingnya Olahraga Selama Masa Kehamilan

Dalam beraktivitas, Seorang ibu hamil perlu lebih berhati-hati. Sebab, ibu hamil perlu menjaga keselamatan dirinya dan sang janin. Terlebih sang janin masih dalam kondisi rentan terutama pada awal masa kehamilan sehingga proteksi perlu diberikan betul oleh sang ibu kepada sang janin.

Bentuk perlindungan yang bisa diberikan oleh ibu hamil yakni menjaga betul kesehatan tubuhnya. Ibu hamil perlu menjaga kesehatan tubuhnya dengan menjaga asupan nutrisi sehari-hari seperti mengonsumsi makanan yang bergizi dan minum folamin gold kapsul multivitamin ibu hamil DHA Tinggi secara rutin dan menghindari aktivitas yang terlalu ekstrim. Meskipun demikian, bukan berarti ibu hamil perlu menghindari olahraga karena olahraga tetap penting untuk menjaga kebugaran sang ibu. Lalu, bagaimana cara berolahraga yang aman untuk ibu hamil? Berikut ini ulasannya untuk Anda.

Yoga kupu-kupu

Yoga merupakan olahraga yang paling tepat untuk ibu hamil. Gerakan saat yoga dapat menyehatkan tubuh sekaligus membantu proses persalinan ibu hamil agar berjalan lebih lancar. Salah satu Gerakan yoga yang sangat dianjurkan adalah posisi kupu-kupu.

Posisi kupu-kupu bisa dilakukan untuk melatih otot paha agar lebih kuat saat menjalani proses persalinan nantinya. Selain itu, posisi ini juga berguna untuk mengurangi risiko sakit punggung yang seringkali dialami oleh ibu hamil. Untuk melakukan posisi kupu-kupu saat yoga juga sangatlah mudah, Anda bisa mengambil posisi duduk bersila dengan posisi punggung tegak. Setelah itu, pertemukan kedua telapak kaki didepan dan dorong lutut hingga menyentuh lantai secara perlahan. Tahan posisi ini sampai setidaknya 20 detik dan ulangi sampai dirasa cukup.

Lunges

Posisi lunges sepintas terlihat seperti saat Anda tengah melakukan pemanasan sebelum berolahraga. Gerakan ini tidak hanya membantu agar otot jadi panas melainkan juga bisa menjadi Gerakan yang tepat untuk ibu hamil. Gerakan lunges berguna untuk membantu sendi Rahim agar tidak menjadi bengkok setelah persalinan serta membantu membentuk tubuh agar lebih mudah ketika menjalani persalinan.

Untuk melakukan posisi lunges, caranya cukup mudah. Anda bisa memulainya dengan berdiri dan menghadap ke depan. Setelah itu, tempatkan satu kaki di depan dan tekuk lutut serta biarkan kaki belakang dalam posisi memanjang. Pastikan posisi punggung tetap tegak dan jika terlalu sulit, Anda bisa mencoba meminta tolong pada orang terdekat. Tahan posisi lunges selama 30 detik dan ulangi sebanyak 3-5 kali sehari agar posisi tubuh jadi sempurna sebelum persalinan tiba.

Demikian dua Gerakan olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil agar tubuhnya tetap bugar. Lengkapi juga dengan mempelajari lebih banyak berbagai info seputar kesehatan dengan rutin membaca info kesehatan dari sumber yang terpercaya. Klik link berikut www.guesehat.com/pentingnya-zat-besi-untuk-kehamilan-dan-mencegah-anemia  untuk mengetahui info lebih lengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *