Mendirikan PT
bisnis,  ekonomi

Ketahui Cara Mendirikan PT di Tahun 2020

Proses pendirian PT selalu berubah seiring perubahan sistem dan juga peraturan yang berlaku pada tahun tertentu. Banyak calon pendiri perusahaan yang tidak memahami perubahan tersebut, pada akhirnya berdampak pada terhambatnya proses pendirian perusahaan. Oleh sebab itu, Anda yang ingin mendirikan sebuah perseroan terbatas dituntut agar selalu update tentang hal tersebut.

Cara Mendirikan PT Tahun 2020

Proses pendirian PT dipengaruhi juga oleh kondisi kepemimpinan serta politik pada tahun tertentu. Dikatakan demikian karena kebijakan yang dikeluarkan oleh pemimpin tertentu biasanya berbeda dengan pemimpin sebelumnya. Hal itu pun terjadi di tahun baru 2020 ini, yang mana terdapat pembaharuan cara mendirikan PT. Mengenai bagaimana caranya akan diuraikan di bawah ini.

1. Mempersiapkan Data Pendirian PT

Mempersiapkan Data

Untuk nama PT minimal terdiri dari tiga suku kata yang tidak boleh menggunakan serapan bahasa asing. Selain itu, menentukan nama PT juga tidak boleh menggunakan nama yang sudah digunakan perusahaan lain. Peraturan nama ini tercantum dalam PP 43/2011 tentang Tata Cara Pengajuan dan Pemakaian Nama Perseroan Terbatas. Setelah menentukan nama PT, selanjutnya tentukan tempat dan kedudukan PT serta maksud dan tujuan PT. Langkah selanjutnya masukan struktur permodalan PT sekaligus pengurusnya.

2. Membuat Akta Pendirian Notaris

Akta Pendirian Notaris

Akta pendirian PT bisa dilakukan di notaris manapun asalkan telah memperoleh SK pengangkatan. Dalam hal ini semua pendiri PT harus membubuhkan tanda tangan. Apabila salah satu pendiri PT tidak bisa hadir, solusinya dapat menggunakan surat kuasa. Pada saat penandatanganan notaris akan meminta sejumlah dokumen yang diperlukan seperti penggunaan nama PT, alamat lengkap PT, penyetoran modal, dan dokumen penting lainnya.

3. Pengesahan SK Menteri Pendirian PT

Pengesahan SK Menteri

Setelah akta pembuatan PT selesai dibuat, selanjutnya notaris akan mengajukan pengesahan badan hukum atas nama PT. Pengajuan ini diajukan kepada Menteri Hukum dan HAM. Lalu pihak kementerian akan memberikan surat pengesahan badan hukum PT. Tujuan dari pengesahan ini ialah agar PT tersebut lahir sebagai badan hukum yang diakui oleh negara. Dikarenakan PT ada di bawah badan hukum, maka Anda harus patuh dengan kewajiban membayar pajak.

4. Mengurus Domisili Kelurahan

Mengurus Domisili Kelurahan

Domisili kelurahan bertujuan menerangkan alamat perusahaan Anda. Pengurusan domisili ini akan diatur oleh masing-masing pemerintah daerah. Hal ini pun tercantum dalam keputusan gubernur tempat di mana Anda mendirikan perusahaan. Dalam pengurusannya, Anda diwajibkan membawa surat pengantar RT dan RW, KTP Pemilik, dan Akta Notaris Pendirian PT. Izin domisili ini belaku selama satu tahun dan dapat diperpanjang.

5. Mengurus NPWP di Kantor Pajak

Mengurus NPWP

Sebagaimana yang telah disinggung di atas bahwa perusahaan yang telah berbadan hukum wajib membayar dan lapor pajak. Dalam pengurusannya dapat dilakukan di kantor pajak. NPWP sendiri sebagai sarana administrasi perpajakan yang digunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak. Dalam hal urusan perpajakan, Anda akan memperoleh dua dokumen, yaitu NPWP dan Surat Keterangan Terdaftar Pajak. Sedangkan dokumen Pengusaha Kena Pajak itu opsional, tergantung kebutuhan perusahaan Anda.

Demikianlah tata cara pendirian PT di tahun 2020. Untuk paket biaya jasa pendirian PT PMA SIUJK Sbu ijin NIB yang beralamat di Jalan Mayjend. D.I. Panjaitan no 45 by pass Gedung Pembina Graha RT.17, RW.9, Rw. Bunga, Kecamatan Jatinegara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13350 (https://maps.app.goo.gl/me2J2Xt3wsgZJ1zh7) biasanya dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Jika Anda menginginkan pelayanan pendirian PT dengan akses mudah dan cepat dapat menghubungi notaris di 0812-9787-9901 via Telp dan Whats App.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *