Cara Menghitung Masa Subur Wanita
Lifestyle,  Sehat

3 Cara Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Periode Menstruasi

Mengetahui masa subur pada wanita merupakan salah satu hal yang cukup penting dilakukan. Hal ini dikarenakan apabila Anda mengetahui kapan periode masa subur Anda maka kemungkinan untuk lebih cepat hamil bila melakukan hubungan seks saat berada dalam masa subur. Tetapi pada kenyataannya untuk mengetahui masa subur memang bukan perkara yang mudah. Apabila jika Anda memiliki siklus menstruasi yang tidak lancar dan tidak normal. Maka akan semakin susah bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara menghitung masa subur Anda.

Sangat penting untuk mengetahui bagaimana caranya menghitung masa subur bagi wanita setelah mereka melewati siklus menstruasinya. Berhasil dan tidaknya memiliki keturunan dengan cara melakukan hubungan seks saat di masa subur menurut beberapa penelitian kesehatan memang memiliki kesempatan lebih besar untuk hamil bila dibandingkan saat berhubungan seks saat tidak berada dalam masa subur. Mengetahui masa subur dengan memperhatikan siklus haid atau mensteruasi adalah cara mudah yang bisa Anda lakukan.

Menstruasi atau haid yang terjadi pada wanita setiap bulan biasanya akan terjadi dan memiliki rentang waktu yang berbeda-beda. Untuk siklus haid yang normal biasanya akan terjadi pada hari ke 21 sampai dengan hari ke 35. Untuk hari 1 yang terjadi pada masa atau siklus haid adalah dihitung dari hari pertama terjadinya menstruasi atau haid. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui dan menghitung masa subur dengan mudah:

1. Biasanya masa subur wanita terjadi setelah masa ovulasi. Sedangkan masa ovulasi adalah masa yang terjadi sebelum hari pertama haid yakni biasanya terjadi pada hari ke 12-14 hari sampai dengan periode menstruasi selanjutnya. Dan pada umumnya wanita akan berada dalam masa subur saat hari ke 12-16 sebelum memasuki periode menstruasi. Kondisi ini biasanya terjadi pada wanita yang memiliki siklus haid yang normal yakni 28 hari.

2. Sedangkan untuk wanita yang memiliki masa atau periode menstruasi tidak normal, Anda bisa menghitungnya sendiri dengan cara, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah Anda harus mengetahui siklus terpendek yang Anda miliki. Sebagai contohnya adalah siklus terpendek Anda adalah 27 hari, maka selanjutnya Anda bisa menguranginya dengan angka 18. Jadi hasilnya adalah 9. Jadi hari ke 9 inilah Anda berada dalam masa subur.

3. Selain lewat siklus pendek Anda juga harus bisa mengetahuinya dengan perhitungan menggunakan siklus paling panjang yang Anda miliki. Sebagai contohnya adalah apabila Anda memiliki siklus terpanjang yang mencapai 30 hari, Anda bisa menguranginya dengan 11. Jadi hasilnya adalah 19. Dan di hari ke 19 inilah Anda berada dalam masa subur. Maka dari itu, dapat diambil kesimpulan bahwa apabila siklus menstruasi Anda berada dalam 27-30 hari maka Anda berada dalam masa subur yakni di hari ke 9 dan hari ke 19.

Selain dengan beberapa cara menghitung masa subur seperti di atas, untuk memperkuat prediksi Anda tersebut, biasanya apabila wanita berada dalam masa subur biasanya akan mengalami tanda-tanda yang berbeda dengan biasanya. Seperti contohnya adalah suhu basal tubuh akan naik drastis dan biasanya akan berada pada suhu 35-36 derajat celcius. Selain itu juga akan mengalami gejala seperti keluarnya lendir dengan jumlah yang cukup banyak dari mulut rahim dan hasrat serta gairahnya juga meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *